Cara Cepat Dapat Kerja Untuk Fresh Graduate

Setelah lulus kuliah, biasanya para fresh graduate akan kebingungan dalam mencari pekerjaan baru. Mulai dari bingung mau kerja apa dan ketika sudah tahu mau kerja apa, bingung cari kerja nya gimana. Berikut adalah cara cepat dapat kerja untuk fresh graduate. dari kerja magang sampai kerja tetap yang jadi impian setiap fresh graduate.

cara fresh graduate dapat kerja


1. Tonjolkan keterampilan anda. 

Jangan ragu untuk menuliskan kegiatan apa saja yang pernah Anda ikuti ketika masa kuliah. Mulai dari hal-hal yang Anda lakukan selama berorganisasi hingga keterampilan praktis yang Anda pelajari di luar waktu kuliah.

2. Buat spesifikasi pekerjaan yang Anda inginkan. 

Sebagai lulusan perguruan tinggi CV Anda seharusnya berisi sebagian besar pengalaman Anda. Kemas CV Anda sedemikian rupa  dengan merinci semua prestasi yang pernah Anda raih hingga saat ini, maupun menyertakan tugas-tugas atau proyek pendukung keterampilan Anda. Selama bidang pekerjaan yang Anda tuju cukup relevan dengan kemampuan yang Anda miliki, maka hal itu tidak menjadi masalah. Sebab pihak perusahaan biasanya menilai berapa lama Anda telah bergelut di bidang pekerjaan tersebut sehingga bisa mengira-ngira berapa banyak pengalaman yang telah Anda punya.

3. Jangan hanya terpakut pada mencari 1 pekerjaan saja. 

Modifikasi pencariaan Anda dengan bekerja di lembaga kepegawaian, melamar sebagai karyawan magang maupun relawan. Saat ini juga banyak perusahaan yang lebih mementingkan etos kerja Anda.

4. Magang tanpa dibayar. 

Jika Anda magang tanpa di bayar, bukan berarti pengalaman Anda tidak dapat digunakan. Anda juga bisa menawarkan diri untuk kerja tanpa di bayar pada wirausahawan, pebisnis kecil atau menjadi relawan ketika terdapat event yang sesuai dengan jurusan Anda selama kuliah. Melalui hal ini, Anda juga dapat membuktikan kompetensi Anda pada perusahaan incaran melalui kemampuan Anda, jadi saat anda mencari lowongan kerja nantinya anda akan lebih punya nilai tambah dari pegnalaman anda tersebut. selain itu Anda juga dapat memperluas jaringan serta menambah jumlah pengalaman kerja Anda.

5. Terus belajar. 

Jika Anda masih belum mendapatkan pekerjaan, tidak ada salahnya Anda memperkaya diri Anda dengan belajar hal-hal yang selalu ingin Anda pelajari. Misalnya belajar blogging, digital marketing, atau belajar musik.  Hal ini tentu dapat menjadi nilai plus untuk Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inspirasi Gaya Pria Modern

Menu Sarapan Sehat Dan Praktis Yang Dapat Anda Siapkan Tanpa Ribet

Tidak Menyukai Pekerjaanmu Sekarang? Tetap Produktif Dengan Cara Ini!